5 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ranking 1 Google

5 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ranking 1 Google

by Teguh Februari 02, 2017

Apakah Anda ingin meningkatkan trafik blog atau website?

Setiap blogger pastinya menginginkan blognya memiliki pengunjung yang banyak apalagi bagi orang yang melakukan bisnis online, termasuk saya dan Anda.

Banyak cara untuk meningkatkan trafik suatu blog, mulai dari blogwalking, berbagi artikel di sosial media, beriklan, serta menulis artikel yang mampu mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari.

Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai cara menulis artikel yang akan mendapat peringkat bagus di search engine, cara yang benar-benar sudah terbukti untuk meningkatkan trafik dalam jumlah besar.

Cara yang paling efektif untuk meningkatkan trafik blog Anda adalah menulis artikel SEO friendly.

Kemudian …
Anda mungkin bertanya, apa sih artikel yang SEO friendly itu?

Artikel yang SEO friendly merupakan artikel yang padat, berisi konten yang dibutuhkan pembaca. Selain itu, tapi juga ditulis menggunakan tata penulisan yang baik. Ada manfaatnya juga dulu kita mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, benar bukan? (jadi ingat bu guru yang cantik deh!)

Lanjut …

Tidak hanya yang disebutkan di atas, artikel yang disukai mesin pencari juga harus memberi informasi yang tepat dan valid, didukung dengan konten pengaya lainnya seperti gambar, video, atau slide presentasi.

Bukan artikel yang penuh dengan kata kunci target (keyword stuffing), meskipun memang harus ada kata kunci target. Saat ini lebih baik ada kata kunci target secukupnya dan didukung dengan kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing) atau kata kunci yang relevan.

Meningkatkan trafik ke blog Anda bukanlah hal sulit jika Anda tahu bagaimana menulis konten dengan benar. Artikel yang sudah dioptimalkan sesuai dengan search engine tidak hanya membantu Anda mendapatkan lebih banyak trafik dari mesin pencari, tetapi juga akan menghasilkan lead dan penjualan.

Apakah Anda siap? Mari kita langsung membahas bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly.

Bagaimana cara menulis artikel SEO friendly?

1. Riset Kata Kunci Sebelum Menulis Artikel

Menemukan kata kunci yang tepat adalah tujuan dari riset ini, dimana kata kunci tersebut akan membantu Anda menemukan ide yang akan berguna dalam proses penulisan artikel serta pengoptimalan artikel anda pada mesin pencari.

Jika Anda memposting artikel tanpa riset kata kunci, apa yang Anda tulis mungkin akan berakhir sia-sia tanpa menghasilkan trafik atau pengunjung dari mesin pencari.

Jadi pastikan untuk melakukan riset kata kunci dan dapatkan ide dari setiap kata kunci hasil riset sebelum posting artikel di blog Anda.

Gunakan tool riset kata kunci seperti Google’s Keyword Planner, WordTracker, dan lainnya untuk menemukan kata kunci yang tepat sesuai target Anda sehingga dapat membantu Anda meningkatkan trafik organik blog.

Tidak semua tool riset keyword tersebut mendapatkan hasil yang akurat pada kata kunci tertentu, tetapi setidaknya dengan menggunakan tool tersebut Anda dapat memperkirakan kata kunci mana yang akan mendatangkan trafik.

2. Jangan Keyword Stuffing, Cukup Kata Kunci LSI (Latest Simantic Indexing)

Kata kunci target yang berlebihan pada suatu artikel akan dianggap spam oleh Google. Jangan ulangi kata kunci yang sama berkali-kali hanya untuk mendapat peringkat yang baik. Hari-hari hilang, dan Anda tidak bisa mendapatkan hasil teratas di mesin pencari dengan kata kunci isian.

Kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing) merupakan tren terbaru di dunia SEO. Kata kunci LSI bisa kita sebut juga istilah yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan.

Sebagai contoh: kata kunci LSI untuk “Bisnis Online” bisa menjadi “bisnis internet”, “bisnis rumahan”, dan masih banyak lainnya.

Anda lihat, kata kunci di atas adalah bukan kata-kata yang sama, tetapi mereka tetap relevan. Saat ini algoritma Google menggunakan tesaurus untuk mengkonversi kata kunci LSI Anda, sehingga artikel Anda akan mendapat peringkat yang bagus jika di dalamnya terdapat kata kunci yang relevan.

Anda dapat memanfaatkan tool yang saya sebutkan sebelumnya untuk menemukan kata kunci LSI untuk blog Anda.

3. Tulis Artikel Panjang Yang Terstruktur

Sebuah artikel yang berisi 1500 kata akan dengan mudah menggeser artikel dengan 500 kata pada hasil mesin pencari (SERP).
Kenapa bisa begitu?

Search engine memberikan prioritas utama untuk situs yang memiliki konten yang bagus.

Apakah Anda tahu bahwa artikel dengan 1.500 kata akan sangat mudah menguasai peringkat atas di hasil pencarian? Anda bisa coba dan buktikan sendiri!

Posting artikel/konten yang panjang dan rinci tidak menjamin Anda mendapatkan peringkat yang baik. Anda perlu memastikan bahwa artikel Anda tidak jelek. Apa gunanya menulis artikel yang panjang jika tidak memberikan suatu informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Jadi, jangan asal-asal menulis artikel untuk blog Anda. Luangkan waktu dan tetap fokus utuk menghasilkan tulisan yang bernilai bagi pembaca.

4. Tulis Judul Atau Headline Yang Menggoda Pembaca

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak trafik dari mesin pencari adalah dengan cara menulis judul yang menarik minat pembaca untuk meng-klik dan mengunjungi blog kita.

Mengapa judul menjadi sangat penting?
Jika Anda sedang mencari sebuah informasi melalui mesin pencari, apa yang anda dapatkan pertama kali setelah memasukkan kata kunci?

Ya, anda akan mendapati deretan judul artikel dari beberapa web atau blog yang sesuai dengan kata kunci yang ingin anda cari. Itulah alasan kenapa judul yang menarik sangatlah penting.

Berikut ini beberapa tips untuk menulis judul atau headline yang membuat artikel Anda SEO friendly:

  1. Jangan membuat judul yang lebih dari 65 huruf/karakter.
  2. Coba buat 3 judul kemudian pilih satu yang paling menarik.
  3. Gunakan kata kunci utama sebagai awal judul
  4. Gunakan kata yang memberikan makna penekanan, misal kata “luar biasa”.

5. Lakukan Optimasi On-page Yang Maksimal

On-page SEO adalah salah satu faktor yang menjadi penilaian oleh search engine untuk menentukan peringkat suatu postingan blog. Anda perlu memastikan bahwa setiap postingan Anda benar-benar sudah mengoptimalkan beberapa kata kunci agar memberikan banyak trafik dari mesin pencari.

Pastikan untuk menempatkan kata kunci utama Anda di dalam judul, meta deskripsi, alt tag pada gambar, internal link, serta link ke web lain agar postingan Anda lebih SEO friendly. Tapi ingat, jangan berlebihan.

Ingat, jangan terlalu fokus pada on-page SEO saat menulis artikel. Lakukan optimasi on-page SEO hanya setelah menyelesaikan penulisan artikel Anda. Dengan begitu Anda akan dapat menyelesaikan artikel Anda dengan baik.

    Download Ebook On-Page SEO Ceklis: 14 Cara Optimasi Postingan Blog Untuk Google DOWNLOAD

Kesimpulan

Dari tulisan saya yang sudah Anda baca di atas, Anda tahu mengapa kita harus menulis konten yang bagus dan menarik. Anda juga mendapatkan tips bagaimana cara menulis artikel SEO friendly.

Memang tidak mudah menulis artikel yang baik, tapi dengan adanya pengetahuan yang sudah kita miliki serta kebiasaan menulis tentunya akan membuat proses tersebut menjadi mudah. Maka dari itu, mulai saat ini mari kita lebih fokus menghasilkan tulisan yang tidak hanya disukai search engine, tapi juga disukai para pembaca blog kita.

Social Shares

Subscribe for FREE Marketing Pro Newsletter!

Subscribers get the best curated content for you

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *